Selasa, Agustus 03, 2010


Cabe jamu atau cabe jawa memiliki nama ilmiah Piper retrofractum. Sama seperti tanaman sirih, cabe jamu juga merupakan tanaman asli Indonesia. Cabai jamu dapat tumbuh di lahan ketinggian 0-600 meter di atas permukaan laut, dengan curah hujan rata-rata 1.259-2.500 mm/tahun. Tanah lempung berpasir, dengan struktur tanah gembur dan berdrainase baik, merupakan lahan yang cocok untuk budidaya cabe jamu. Tanaman itu memiliki keunggulan dapat tumbuh di lahan kering berbatu. Sama halnya seperti sirih, tidak sedikit masyarakat Sumenep yang menanam sirih dipekarangan rumahnya.
Kandungan senyawa kimia cabe jamu yang telah diketahui :
Senyawa kimia :

Piperine , Chavicine Palmitic acids, Isobutyideka-trans-2-trans-4-dienamide, 1-undecylenyl-3,4-methylenedioxy benzene, Piperidin, Minyak atsiri, Tetrahydropiperic acids, Sesamin. Piplartine, Piperlonguniinine,

Senyawa kimia diatas yang bermanfaat terhadap kesehatan gigi dan rongga mulut adalah piperine. Piperine mempunyai daya antipiretik, analgesik, antiinflamasi, dan menekan susunan saraf pusat. Bagian akar pada tanaman cabe jamu adalah bagian tanaman yang mempunyai komposisi piperine terbesar dibanding bagian tumbuhan lainnya.

Piperine tergolong obat penghilang rasa nyeri pada kelompok analgesik. Analgesik adalah obat pereda nyeri tanpa disertai hilangnya perasaan dan kesadaran secara total. Seseorang yang mengkonsumsi analgesik tetap berada dalam keadaan sadar. Analgesik tidak selalu menghilangkan seluruh rasa nyeri, tetapi selalu meringankan rasa nyeri. Sehingga sangat efektif untuk meredakan nyeri pada saat sakit gigi.

3 komentar:

  1. kunjungi juga yah blog aku http://yohanlesnussa.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. scholarships for minorities

    I care for such info a lot. I was looking for this particular information for a very long time. Thank you and [url=http://www.topics-info.com/reference-education/?p=29]Scholarships for Women Over 40[/url] good luck.| It's appropriate time to make some plans for the future and [url=http://www.farnhamarchers.org/education/college/minority-women-scholarships-are-here-to-help]Scholarships for Hispanics[/url]

    BalasHapus

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !