Kamis, Oktober 27, 2011


Hirarki memori adalah sebuah pedoman yang dilakukan oleh para perancang demi menyetarakan kapasitas, waktu akses, dan harga memori untuk tiap bitnya.

Ada Beberapa point yang perlu di perhatikan dari susunan hirarki memori dia atas:
• Semakin ke atas maka kecapatan waktu akses akan semakin meningkat,sebaliknya semakin ke bawah akan semakin lambat
• Semakin kebawah kapasitas memorinya semakin besar. Kita dapat mengamati besarnya kapasitas Hardisk yang mencapai ukuran Tera Byte, RAM yang mencapai ukuran Giga Byte dan kita bandingkan dengan ukuran memori di Cache yang hanya berkisar pada ukuran Klio Byte dan Mega Byte, dan register yang hanya dalam ukuran bit.
• Penurunan harga memori tiap bit, semakin ke bawah semakin semakin murah, semakin ke atas semakin mahal

• Register

Register merupakan sejumlah kecil memori komputer yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan.
• Caches memory

Cache memory adalah tempat penyimpanan data sementara. Data yang pernah diakses pada cache tersebut akan disimpan sehingga jika data yang ingin diakses adalah data yang sama, maka pengaksesan akan lebih cepat dilakukan. Memory berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal dari pada memory utama. Cache memory ini ada diantara memory utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memory utama agar kinerja dapat ditingkatkan. Contoh jenis cache adalah memory caching dan disk caching.
• Main Memory

Memori utama merupakan media penyimpanan dalam bentuk array yang disusun word atau byte, kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Data yang disimpan pada memori utama ini bersifat volatile, artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang. Contoh main memory ini adalah DRAM ( Dinamic Random Access Memory ).
• Secondary Memory

Memori sekunder merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program .contohnya : hardisk,floppy disk,disket, flashdish,dll.



Fasilitas copy, ctrl + a, ctrl + c, dan klik kanan telah dimatikan (disable),
apabila hendak menyalin dan mendapatkan postingan ini
silahkan mendownload







Fullerena

0 Reactions:

Posting Komentar

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !