Senin, Juni 27, 2011


Tes kejujuran ini karangan Dr. H. Yul IskAndar, khusus untuk mengetahui apakah Anda “Jujur” atau “Tidak”.



Tes ini termasuk dalam serangkaian tes kepribadian dalam psikotest, tetapi hanya mengungkap satu aspek kepribadian saja, yakni kejujuran.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tanda positif (+) bila sesuai dengan Anda, atau tanda negatif (-) bila tidak sesuai. Catatan: Bila sekarang Anda tidak ada kertas dan bolpoin, silahkan gunakan jari-jari Anda, lipat jari Anda dan hitung berapa banyak tanda positif.

1. ( ) Pernah terpikir dalam pikiran saya tentang sesuatu yang buruk untuk dibicarakan.
2. ( ) Kadangkala saya mengumpat dan mencaci maki.
3. ( ) Saya tidak membaca setiap editorial surat kabar/koran setiap hari.
4. ( ) Saya tidak selalu mengatakan hal yang sebenarnya.
5. ( ) Saya kadang-kadang marah.
6. ( ) Apa yang dapat saya kerjakan hari ini, kadang-kadang saya tunda sampai besok.
7. ( ) Bila saya sedang tidak enak badan, kadang-kadang saya mudah tersinggung.
8. ( ) Sopan santun saya di rumah tidak sebaik seperti jika bersama orang lain.
9. ( ) Apabila saya dapat masuk bioskop tanpa bayar, dan yakin tak seorang pun melihatnya, mungkin saya akan melakukannya.
10. ( ) Saya lebih senang menang daripada kalah dalam suatu permainan.
11. ( ) Saya ingin mengenal beberapa orang penting, karena dengan demikian saya merasa menjadi orang penting juga.
12. ( ) Tidak setiap orang yang kukenal, kesukai.
13. ( ) Kadang-kadang saya mempergunjingkan orang lain (gosip).
14. ( ) Kadang-kadang dalam pemungutan suara, saya berikan suara saya pada orang yang kurang kukenal.
15. ( ) Sekali-kali saya tertawa terbahak-bahak mendengar lelucon yang kurang baik.
Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, maka cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci pada halaman dibawah ini. Berilah nilai 1 untuk jawaban yang cocok, dan nilai 0 untuk jawaban yang tak cocok.
Kunci jawaban:
1. ( + )
2. ( + )
3. ( + )
4. ( + )
5. ( + )
6. ( + )
7. ( + )
8. ( + )
9. ( + )
10. ( + )
11. ( + )
12. ( + )
13. ( + )
14. ( + )
15. ( + )
Jumlahkan nilai Anda dan cocokkan dengan kunci jawaban. Anda akan mendapatkan nilai sebenarnya, dan setelah itu cocokkan dengan skor nilai atau kategori nilai berikut ini, lalu nilailah diri Anda sendiri, apakah termasuk orang yang jujur atau tidak.
Sangat Tinggi : 14-15
Tinggi : 13-9
Rata-rata : 8-6
Rendah : 5-3
Sangat Rendah : <3
Analisa skor dan penilaian:

1. Sangat Tinggi
Kejujuran Anda yang sangat tinggi sangat berbahaya. Anda terlalu berterus terang dan membuat orang lain tidak senang. Sekali-kali berkata yang tidak benar, atau menutupi hal-hal yang tak perlu diketahui orang, sangatlah perlu. Meskipun Anda merasa orang yang jujur dan independen, berani mengambil resiko, tidak konvensional, akan tetapi Anda agaknya kurang menghormati norma-norma masyarakat.

2. Tinggi
Dari segi kejujuran, sekurang-kurangnya daam tes ini Anda sangat jujur, terutama pada diri sendiri. Anda termasuk berani, berani mengemukakan kejujuran dan kekurangan, yang walaupun pada akibatnya akan merusak diri sendiri. Kejujuran itu baik, tapi kejujuran tanpa seserce, akan membuat orang lain tak senang pada diri dan kehadiran Anda. Ada hal di mana kejujuran disimpan untuk diri sendiri, dan orang lain tak perlu tahu. Kepolosan untuk mengemukakan hal-hal yang buruk bagi diri, keluarga, tempat bekerja, dan sebagainya, terkadang tidak akan menguntungkan Anda.

3. Rata-rata
Kejujuran Anda sesuai dengan yang dikehendaki masyarakat, Anda memang jujur, dan dianggap jujur, karena itu Anda sesekali berbohong juga. Itulah kejujuran Anda. Dalam hal ini masyarakat akan menilai Anda adalah seorang yang memiliki sifat bijaksana.

4. Rendah
Kawan-kawan Anda sering meragukan kejujuran Anda. Anda tidak ingin dikatakan pembohong,a kan tetapi dari apa yan Anda kemukakan, banyak hal di mana Anda berbohong. Ketidakjujuran ini mungkin akan dibawa pada banyak hal sehingga orang kurang percaya pada Anda. Anda ingin dinilai baik oleh masyarakat, akan tetapi sikap yang berpura-pura menunjukkan ketidakjujuran.

5. Sangat Rendah
Dalam hal ini sebaiknya Anda lebih jujur terutama pada diri sendiri, Manusia memang banyak mempunyai kelemahan. Cara mengatasi kelamahan bermacam-macam, dan salah satu yang Anda lakukan adalah dengan berbuat seolah-olah Anda baik dan paling jujur, padahal menurut tes ini Anda adalah orang yang paling tidak dapat dipercaya.





Fasilitas copy, ctrl + a, ctrl + c, dan klik kanan telah dimatikan (disable),
apabila hendak menyalin dan mendapatkan postingan ini
silahkan mendownload


Fullerena



0 Reactions:

Posting Komentar

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !