Sabtu, April 18, 2015

Banyak sekali kejadian dan renungan-renungan menarik dalam menulis artikel ini, akhirnya setelah cukup lama vakum dalam menulis

https://warstek.wordpress.com/2015/03/27/asalmuasalmassa/

1. Tentang CERN, Laboratorium terbesar se-dunia yang ada di Swiss. CERN yang menghabiskan biaya penelitian triliunan dollar, tetapi CERN tidak sedang memutar uang, CERN menghabiskan uang. Demi nama sains? Padahal setelah terbukti ada Partikel Tuhan (Partikel Higgs), what next? Darkmatter? Tidak ada aplikasi real dari partikel Higgs (mungkin Bom Anti Materi seperti Film Angels and Demons? ). Itu semua murni untuk memenuhi rasa keingin tahuan. Tetapi ternyata aplikasinya bukan tercapai setelah tujuan utamanya tercapai, tetapi dalam usaha meraih tujuan utama itu, yakni dengan penemuan WWW (world wide web), penemuan MRI Scanner, dll. Justru perjalanannya lah yang memberi manfaat, bukan tujuan utamanya.

2. Tentang paper partikel Higgs. Apapun ide dan teorimu, diatas fondasi yang kokoh, meskipun belum terbukti sekarang, suatu saat akan terbukti. Seperti Pak Higgs yang merumuskan papernya ditahun 1964 dan baru terbukti 2012 (48 tahun!). Papernya juga HANYA 2 halaman. Tidak ada kutipannya bahkan. Paper yang kemudian menjadi pijakan untuk penganugerahan Nobel Fisika, ya paper 2 lembar.

3. Fisika merubah sudut pandang dalam melihat dunia. Lihat, ada jutaan neutrino yang masuk kedalam tubuh kita. Lihat bahwa terdapat sesuatu yang jelas tidak dapat dijelaskan melalui logika, ada peran Tuhan disana. Dari mana sumber medan Higgs sehingga kita dapat meningkatkan intensitasnya dan dapat membuat pelontar ke ruang angkasa?


"Masih belajar, saran dan perbaikan sangat dibutuhkan"


Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Teknik Fisika ITS, sedang menggeluti NanoTeknologi dan dunia pengembangan diri.Memiliki misi besar untuk menjadi insan yang memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

0 Reactions:

Posting Komentar

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !