Senin, Maret 07, 2011




Kemajuan dalam bidang IPTEK telah membuat dunia seakan-akan menjadi lebih sempit. Komunikasi antara dua pihak yang dulunya tidak memungkinkan, sekarang dapat terjadi. Menjalin komunikasi dengan orang-orang di negara lain, bukanlah hal yang luar biasa lagi sekarang. Namun hal tersebut adalah hal yang biasa-biasa saja. Menjalin hubungan dengan warga negara asing untuk meningkatkan taraf dan kualitas hidup, berkomunikasi dalam bahasa Internasional, yakni bahasa Inggris.

Jadi di era globalisasi seperti sekarang sangat penting untuk menguasai Bahasa Inggris. Lebih dari sekedar pencapaian prestasi, menguasai Bahasa Inggris adalah suatu usaha agar dapat menjalani hidup. Pernyataan tersebut tidaklah berlebihan, karena seseorang yang belum bahkan sama sekali tidak menguasai Bahasa Inggris tidak akan pernah hidup dengan standar kehidupan yang layak.

Fakta menunjukkan, bahwa semua lapangan pekerjaan yang mapan membutuhkan seseorang dengan kualifikasi menguasai Bahasa Inggris. Dari pegawai negeri, bahkan buruh pabrik sekalipun. Semakin tinggi kemampuan seseorang dalam berbasahasa Inggris, maka semakin tinggi pula jabatan yang dilimpahkan kepadanya, yang artinya akan semakin membaik pula taraf hidupnya.

Apakah anda berkeinginan menjadi orang yang sukses dan mapan? Segeralah kuasai Bahasa Inggris. Yang harus digaris bawahi disini adalah Bahasa Inggris merupakan pelajaran pemahaman, bukan pelajaran menghafal. Jadi dalam belajar Bahasa Inggris, dibutuhkan kesabaran, keuletan, dan usaha yang terus menerus (gradual action).

Segala sesuatu yang diperoleh secara praktis, pasti tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu, belajar Bahasa Inggris harus diulang-ulang setiap harinya. Kita bisa melihat para artis mancanegara seperti Rain, yang menuturkan bahwa dirinya belajar Bahasa Inggris setiap hari dalam waktu lebih dari dua jam. Tidak ada kata terlambat, berapapun usia anda sekarang, jabatan apapun anda sekarang, jika menginginkan standar hidup yang lebih tinggi, segeralah kuasai Bahasa Inggris. Jika anda pikir anda bisa, anda pasti bisa.

Tunggu apa lagi, segera mulai usaha anda untuk belajar dari hal-hal kecil. Belajar disini bukan berarti ikut kursus, belajar dari buku teks, atau belajar dengan cara formal lainnya. Tetapi belajar Bahasa Inggris yang ditekankan disini adalah belajar dengan cara yang paling anda suka. Dengan metode yang paling cocok dengan diri anda. Setiap orang memiliki karakter masing-masing dan kemampuan yang berbeda. Sebagai contoh, anda dapat memulai belajar bahasa Inggris dengan cara menyukai lagu berbahasa Inggris, menonton film-film Bahasa Inggris, menonton program televisi yang memakai bahasa Inggris, membaca artikel berbahasa Inggris, bahkan membuat karangan berbahasa Inggris –karangan yang biasa-biasa saja dalam bentuk Bahasa Indonesia, akan mejadi karangan yang luar biasa jika diterjemahkan dalam Bahasa Inggris-. Jadi, ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak sekali cara pembelajaran yang dapat dipakai untuk menguasai bahasa Inggris.

Ada 4 aspek dalam menguasai bahasa Inggris, yakni vocabulary (pembendaharaan kata), speaking, listening dan writing. Jadi tajamkan kemampuan berbahasa Inggris dalam 4 aspek tersebut. Contoh pertama -menyukai lagu-lagu berbahasa Inggris- memiliki peranan terbesar dalam membuat seseorang bisa menguasai Bahasa Inggris. Otak manusia lebih mudah mengafalkan tulisan yang dilagukan dari pada tulisan yang hanya dibaca datar. Untuk itu, saya sangat menganjurkan agar anda mencoba cara tersebut, memulai untuk menyukai lagu-lagu berbahasa Inggris. Banyak sekali lagu-lagu berbahasa Inggris yang menghipnotis para pendengarnya. Lagu-lagu bahasa Inggris yang saya sarankan adalah lagu Dear God (Avenged Sevendvold) dan Unintended (MUSE). Dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, melatih dua kemampuan sekaligus, yakni Listenig dan Vocabulary.

Point penting dalam Belajar Bahasa Inggris adalah penguasaan Kosa Kata, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Semakin kaya pembendaharaan kata yang anda miliki, semakin tinggi kemampuan anda dalam berbahasa Inggris. Banyak orang yang berasumsi bahwa Grammar lebih penting dari pada kosa kata, saya membantahnya karena dalam berkomunikasi aturan grammar tidak terlalu diperhatikan.

Adalah percuma jika anda menahami banyak tenses dan pola-pola lain, tetapi pembendaharaan kata anda minim. Dapat diibaratkan seperti belajar membaca, kita harus menghafal ke-26 abjad, setelah hafal baru kemudian dapat membaca, dan bahkan merangkai kata.

Identik dengan hal tersebut, belajar bahasa Inggris harus dimulai dari belajar menghafal lebih tepatnya memahami berbagai macam kosa kata –cara paling efektif untuk menghafal kosa kata adalah dengan cara menghafal kosa kata yang terdapat dalam lirik lagu!-. Dengan mengetahui banyak kosa kata, anda dapat mengerti pesan yang disampaikan suatu wacana, meskipun anda kurang memahami tensesnya.

Kemudian setelah anda memadai dalam pembendaharaan kata, saya menjamin 100% bahwa anda akan tertantang dengan sendirinya untuk mempelajari tenses. Kengintahuan tersebut akan timbul secara sendirinya, secara tiba-tiba dan melalui kesadaran, bukan dengan paksaan. Dan harus diperhatikan, bahwa proses memperkaya pembendaharaan kata harus dilakukan secara terus menerus. Jangan pernah timbul pada diri anda perasaan sudah cukup untuk memperkaya pembendaharaan kata.



















Demikian, semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bagi saya pribadi, yang masih dalam proses menguasai bahasa Inggris. Diakhir tulisan, saya sisipkan puisi fenomenal yang dibuat oleh DR. Denis Waitley yang berjudul “Bila Anda Pikir Anda Bisa, Anda Pasti Bisa”

“Bila Anda Pikir Anda Bisa, Anda Pasti Bisa”


Anda Bisa Sukses, meski sekarang anda belum apa-apa
“Bila Anda PIkir Anda BIsa, Anda Pasti Bisa”
Bukan bakat anda, bukan kelahiran anda
Bukan simpanan anda di bank
Yang menentukan harga diri anda
Tapi sikap anda
“Bila Anda PIkir Anda BIsa, Anda Pasti Bisa”
Tidak perduli apakah Anda pernah sukses sebelumnya
Tak ada artinya sukses setengah-setengah
Capailah tujuan akhir anda
Jadi, cobalah lagi dan coba lagi
Sampai anda BERHASIL
“Bila Anda Pikir Anda BIsa, Anda Pasti Bisa”
Pegang teguh impian anda
Yakinkah hati anda
Bulatkan tekat sekeras baja
Anda pasti bisa meraihnya
“Bila Anda Pikir Anda BIsa, Anda Pasti Bisa”
Percayalah pada Tuhan
Itu berarti Anda telah setengah berhasil
Kemudian percayalah pada diri sendiri
Itu berarti anda telah dua pertiga berhasil
“Bila Anda Pikir Anda Bisa, Anda Pasti Bisa”



Fasilitas copy, ctrl + a, ctrl + c, dan klik kanan telah dimatikan (disable),
apabila hendak menyalin dan mendapatkan postingan ini
silahkan mendownload


Fullerena

0 Reactions:

Posting Komentar

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !