Selasa, April 05, 2011

Udang rebon adalah salah satu famili sergestidae dan mysidaceae. Bernama latin mysis sedangkan nama internasionalnya trasi shrimp. Udang rebon ternyata kaya akan protein dan mineral. Zat-zat yang dikandungnya bahkan mampu menangkal osteoporosis, meningkatkan HDL (kotsterol baik), sekaligus menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan lemak.

Di mancanegara, udang rebon dikenal dengan nama terasi shrimp. Boleh jadi karena rebon jarang sekali dikonsumsi segar, melainkan dalam berbagai bentuk olahan seperti abon, kerupuk udang, dan yang paling fenomenal adalah terasi. Disebut "rebon" bukan karena udang ini berasal dari Cirebon, melainkan sebab ukurannya sangat kecil. Bentuk badan Udang Rebon sebagaimana udang biasa, hanya ukurannya relatif sangat kecil dan tidak bisa besar, yaitu antara 2-3 cm. Warnanya jernih transparan kemerahan. Terdapat dua pasang bintik merah masing-masing pada tiap sisi ekor. Beberapa orang menyebutnya sebagai anak udang. Udang jenis ini diduga merupakan udang asli Indonesia yang hidup di daerah pantai, muara sungai, dan teluk. Udang ini memiliki kulit keras tetapi tidak kaku, dan biasanya banyak dijumpai pada awal musim hujan. Hidup di perairan pantai, muara sungai dan sering membentuk ge-rombolan besar. Ditemukan di Laut Jawa dan Samudera India. (http://cybershopping.cbn.net.id)

Makanan udang rebon berupa detritus yaitu benda sangat kecil baik berupa makhluk hidup atau benda mati. Makanan alaminya meliputi :

• Diatomaeae (Skeletonema, Navicula, Amphora, dll) dan Dino-flagellata (Tetraselmis,dll).
• Plankton hewani, Protozoa,Rotifera, (Branchionus), anak tritip (Ba-lanus), anak kutu air (Copepoda), dll.
• Diatomaee dan Cyanophyceae yang tumbuh di dasar perairan (bentos), anak tiram, anak tritip, anak udang-udangan (Crustacea) lainnya, cacing annelida dan juga detritus (sisa hewan dan tumbuhan yang membusuk).
• Kelekap, lumut, plankton, dan bentos.
(Effendie Ichsan, M.Sc., Drs. 1979. Metoda Biologi Perikanan (edisi 1)).

Tabel. Kandungan gizi udang rebon per 100 g
Kandungan gizi
Udang rebon kering
Udang rebon segar
Energi (kkal)
299
81
Protein (g)
59,4
16,2
Lemak (g)
3,6
1,2
Karbohidrat (g)
3,2
0,7
Kalsium (mg)
2.306
757
Fosfor (mg)
265
292
Besi (mg)
21,4
2,2
Vitamin A (SI)
0
60
Vitamin B1 (mg)
0,06
0,04
Air (g)
21,6
79,0
Sumber:direktorat gizi Depkes, 1992



Fasilitas copy, ctrl + a, ctrl + c, dan klik kanan telah dimatikan (disable), 
apabila hendak menyalin dan mendapatkan postingan ini 
silahkan mendownload




Fullerena

0 Reactions:

Posting Komentar

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !