Selasa, Juni 03, 2014



Jika saya diberi kesempatan untuk berkuliah di jurusan Psikologi, maka saya akan mendalami ilmu "Pembentukan karakter".Dan jika saya adalah mahasiswa tingkat akhir di Jurusan psikologi, maka berikut ini adalah uraian Tugas Akhir yang saya buat, selamat membaca dan berimajinasi.

Judul Skripsi
"Karakterisasi Karakter Manusia, sebuah studi komprehensif mengenai karakter seseorang berdasarkan aktivitas yang dilakukan oleh subjek kajian". 
  
Latar Belakang
Kehidupan sosial merupakan penentu keberhasilan seseorang. Betapa banyak data, sehingga tidak perlu disebutkan lagi, bahwa betapa banyak orang genius yang gagal dalam hidupnya dan kebanyakan mati muda karena social intelligent mereka yang rendah. Sebaliknya, betapa banyak data pula, sehingga tidak perlu disebutkan lagi, khawatir terlalu panjang dan membosankan, bahwa betapa banyak orang yang secara intelegensia akademis rata-rata, bahkan dibawah rata-rata, sehingga sering diremehkan, tetapi berhasil membuktikan bahwa ternyata predikat rendah yang disematkan tersebut salah, mereka menjadi orang yang sukses luar biasa, kehidupan mereka bahagia, mereka berada di posisi puncak, dan akhirnya mereka hanya bisa mengasihani teman-teman mereka yang dulunya merendahkan mereka. Berhubungan dengan kesuksesan, kehidupan sosial dan orang-orang dalam interaksi sosial berperan dalam kehidupan seseorang. Orang-orang dalam interaksi sosial terdiri dari berbagai macam karakter, sehingga dilakukan studi komprehensif mengenai karakterisasi karakter manusia berdasarkan aktivitas yang dilakukan oleh subjek kajian.

Pembahasan
Ketika kita melakukan "sesuatu", ada 4 tipe orang :

1. "Mantap, kamu sungguh berani, aku ikut mendukungmu, aku ada dibelakangmu", tipe Prestige
Tipe ini adalah tipe yang mengenali kita, meyakini maksud baik kita, sekalipun kita melakukan sesuatu yang menurut orang banyak adalah sesuatu yang "hina" dan "salah". Hal ini dikarenakan jiwa mereka "berusaha" menyatu dengan jiwa kita, mereka tidak memperkeruh keadaan, mereka membantu kita melihat sesuatu dengan lebih jernih. Dibandingkan dengan mengkonfrontasi tindakan yang kita lakukan, mereka ikut membela kita, mendukung kita, bahkan tidak jarang mereka menjadi tempat kita bersandar dan mencari penyelesaian. Apa yang mereka lakukan tulus, karena mereka memiliki visi yang sama dengan kita, yakni menjadi manusia yang penuh manfaat dan saling menolong satu sama lain. Merekapun adalah orang yang beriman dan taat, yang mengamalkan hadist bahwa tidaklah sempurna keimanan seseorang sebelum ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai saudaranya diri sendiri. Cinta yang dimaksud disini adalah "menerima" baik hal positif dan negatif yang ada pada diri orang tersebut, dan berusaha untuk selalu memunculkan sisi positifnya. karena jika menerima hal positifnya saja, itu namanya kagum. 


2. "Kenapa kamu melakukan itu? Ya gak gitu juga caranya. Gini lho caranya ....." Tipe Luxury
Tipe ini adalah tipe orang yang hanya melihat kita di permukaan, mereka tidak mengenali jiwa kita,dan mereka tidak berusaha mengenali jiwa kita apalagi bersatu dengannya. Jiwa mereka dipenuhi oleh rasa takut, prasangka, dan kasihan. Prinsip hidup mereka adalah "Lebih baik mencegah dari pada mengobati", gampangannya adalah "Jangan berani-berani ambil resiko". Ketika kita melakukan sesuatu yang salah, mereka akan menegur kita agar memikirkan konsekuensinya, syukur-syukur mereka adalah membantu mencarikan solusinya, tetapi biasanya mereka hanya memaparkan konsekuensi-konsekuensinya dan tidak memberikan solusi, mereka menambah berat beban kita. Sejatinya niat mereka baik bahwa mereka tidak ingin kita terlibat ke sesuatu hal yang lebih parah. Mereka baik, tetapi tidak setuju terhadap tindakan yang kita lakukan, karena mereka kasihan.


3. "Aku gak terima yang dia lakukan, aku harus mengalahkannya." Tipe Elegant
Tipe ini adalah yang tidak setuju terhadap yang kita lakukan, menyalahkan yang kita lakukan dan ingin menjadikan diri kita kalah. Niat mereka jelas-jelas jahat, ingin mengalahkan diri kita. Tetapi disadari atau tidak, konfrontasi terang-terangan yang mereka lakukan mengasah diri kita, menjadikan kita melakukan sesuatu untuk bersiap-siap berkonfrontasi dengan mereka, menjadikan diri kita waspada, ujung-ujungnya adalah peningkatan kualitas diri.


4. "Ini kesempatan yang bagus untuk menghancurkannya dari dalam"Tipe Unique
Tipe ini adalah tipe terburuk, mereka adalah penjilat, di permukaan, mereka tampak baik, tetapi sebenarnya ada maksud terselubung, yakni mereka ingin menghancurkan diri kita dari dalam. Sehingga jika kita lengah, jebret, tanpa diduga dan disangka-sangka, mereka melancarkan serangan, kitapun kalah. Tetapi kita pun harus bersyukur jika dikelilingi oleh tipe orang seperti ini, mereka bisa jadi sumber pahala yang besar bagi diri kita 


5. "Wah, itu bukan urusanku, terserah dia mau melakukan apa" Tipe Potential
Tipe ini adalah tipe orang yang acuh tak acuh terhadap tindakan yang kita lakukan, dikarenakan mereka masih belum mengenal diri kita. Dekati tipe orang tersebut, bisa jadi mereka akan menjadi prestige-prestige baru.


Untuk menjadi bahagia, apakah Anda berfikir bahwa disekitar kita harus banyak orang dengan tipe prestige? Fakta menunjukkan tidak, orang yang paling bahagia adalah orang yang yakin bahwa segala sesuatu yang menimpa dirinya adalah hal yang terbaik. Sekalipun lingkungannya sangat kompetitif dan dipenuhi oleh tipe prestige, orang tersebut dapat mencapai puncak performanya karena mereka senantiasa memperbaiki diri.


Saran : Untuk pendamping hidup, carilah orang dengan tipe prestige :D



Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Teknik Fisika ITS, sedang menggeluti NanoTeknologi dan dunia pengembangan diri.Memiliki misi besar untuk menjadi insan yang memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

0 Reactions:

Posting Komentar

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !