Jumat, Maret 29, 2013

Flame Spray Pyrolysis untuk menghasilkan Nanoparticle


Metode flame spray pyrolysis merupakan salah satu metode sintesis partikel melalui proses aerosol. Aerosol adalah partikel kecil (solid atau liquid) yang tersuspensi di dalam gas.

Diantara proses fase gas yang lain, sintesis material menggunakan flame tidak membutuhkan tambahan sumber energi untuk mengkonversi prekursor seperti halnya plasma, laser atau elektris heated walls sehingga inverstasi lebih rendah dan dapat discale up. Energi proses flame untuk membentuk partikel dihasilkan dari reaksi kimia. Kemudian, energi yang dilepaskan dipindahkan dengan cepat melalui radiasi dan konveksi yang mana sangat penting untuk sintesis partikel nano. (Strobel, 2007)

Suhu di dalam flame reactor lebih rendah dari plasma reactor namun lebih tinggi dari hot – wall, evaporation – condensation, dan laser reactor. Flame reactor relatif mudah konstruksinya dibandingkan dengan sistem yang lain.

Ada dua macam tipe reaktor flame. Difusi dan premix. Dalam flame difussion, reaktan tidak berkontak satu dengan yang lain sampai keluar burner yang terletak di dalam reaktor. Difusi ini menghasilkan nyala pada daerah dimana fuel dan oksigen atau udara kontak satu sama lain. Dalam premixed flame, fuel dan sumber oksigen (udara misalkan) bercampur lebih dulu. Setelah keluar burner keduanya terbakar. Tipe flame ini cukup berbahaya karena fuel dan sumber oksigen bersatu dalam satu line menuju burner.

Keuntungan dari reaktor flame adalah :
• Oksida – oksida sederhana dengan mudah dapat dihasilkan dalam waktu yang pendek (dalam beberapa detik)
• Sistem sederhana dan relatif tidak mahal untuk dibuat dan dioperasikan
• Dapat digunakan pada prekursor yang volatile atau tidak volatile
• Kemurnian tinggi
• Range ukuran partikel yang dapat dibuat besar

Kerugian dari reaktor flame adalah :
• Pembentukan agglomerate pada banyak kondisi
• Distribusi ukuran partikel yang besar
• Profil aliran dan temperatur yang tidak seragam
• Sulit digunakan untuk menghasilkan banyak material terutama yang mudah teroksidasi seperti golongan nitrit, borit dll
• Properties partikel dipengaruhi dengan signifikan oleh pencampuran dari precursor (Kodas, 1999)



Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Teknik Fisika ITS, sedang menggeluti NanoTeknologi dan dunia pengembangan diri.Memiliki misi besar untuk menjadi insan yang memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih). Bagi yang ingin melakukan konsultasi mengenai pengembangan diri menuju legenda pribadi, dapat menghubungi via email Siddiq.tf@gmail.com atau no.hp 087750118140.

0 Reactions:

Posting Komentar

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !