Jumat, Agustus 06, 2010


Bermain game adalah suatu aktifitas yang mengasyikkan, tetapi jika berlebihan dapat mengakibatkan kecanduan dan menimbulkan problema yang sangat serius. Apakah anda termasuk pecandu game? Sebelum mengurai tips menghilangkan kecanduan game, simaklah ilustrasi berikut :

Alkisah, seorang lelaki bernama Tamyes memenangkan suatu sayembara yang diadakan oleh kerajaan di Jawa. Dia memiliki kehormatan untuk menghadiri undangan raja, yang berisi undangan ke istana. Tamyes takjub setibanya di Istana. Tibalah dia dihadapan raja, “Silahkan kamu ambil sendok ini, ada madu kualitas super diatas sendok ini yang dapat membuat siapapun peminumnya menjadi bijaksana”, perintah raja sambil menjulurkan sendok pada Tamyes. “Baiklah paduka raja”, kata Tamyes dengan makhfum. “Silahkan mengelilingi istanaku yang megah ini, baru kamu boleh meminumnya”, sambung raja.

Tanpa banyak bicara, Tamyes bergegas mengelilingi istana. Istana yang akan dia kelilingi berukuran sangat besar. Tetapi perhatian Tamyes tidak tertuju pada keindahan istana, perhatiannya tertuju pada madu di sendok yang ada digenggaman tangannya. Terus dia jaga madu itu agar tidak tumpah. Hingga sekian lamanya ia kembali lagi kehadapan raja. “Bagaimana penilaianmu terhadap istanaku yang megah ini?” kata raja. Tamyes menjawab, “Hamba tidak tahu paduka, karena perhatian hamba tertuju pada sendok”. Ákhirnya, raja membeir tahu Tamyes bahwa madu yang dia pegang tersebut adalah madu yang telah basi. Kemudian raja menyuruh Tamyes mengelilingi istananya lagi, masih dengan madu diatas sendok. Tamyes mengelingi istana raja untuk kedua kali tapi perhatian benar–benar tertuju pada istana. Sekian lama waktu berselang, Tamyes tiba dihadapan raja lagi. “Tamyes, dimana madu yang berada diatas sendokmu?”Tanya raja. “Sudah tupah mungkin paduka, hamba takjub dengan keindahan istana”, Tamyes menjawab dengan lirih dan malu.

Apa hikmah yang dapat kita ambil dari ilustrasi diatas?

Ketika perhatian kita disibukkan oleh game, kita enggan untuk makan, belajar, bahkan beribadah. Hal itu sudah tak dapat dipungkiri lagi. Saya dulu juga pecandu game, game online lebih tepatnya. Talisman Online, game yang membuat saya jatuh kedalam kerugian yang sangat besar. Saya jadi enggan belajar, alhasil nilai ulangan selalu pas-pasan. Tetapi saya sadar dan bangkit untuk menata kehidupan baru, tidak ada kata terlambat untuk berubah.

Baiklah, kunci utama untuk menghilangkan kecanduan bermain game terletak pada diri anda sendiri. Diharapkan meskipun tidak menghilangakan, tetapi semoga tips dibawah dapat mengurangi kecanduan game. Berikut tipsnya:

1. Sibukkanlah diri anda kedalam aktifitas-aktifitas yang menguntungkan dan positif.
Seperti ilustrasi pada bagian diatas, dengan kita sibuk dalam menjalani aktifitas positif. Kita akan lupa untuk bermain game.

2. Sadarilah bahwa anda telah membuang waktu anda.
Bermain game tentu sangat membuang waktu jika diletakkan diwaktu-waktu produktif anda. Pandai-pandailah mengatur waktu. Kuatkan komitmen anda, “Saya hanya akan bermain game pada malam minggu”. Tidak ada sesuatu yang lebih baik dari meletakkan sesuatu kedalam tempatnya.

3. Dunia berlari, tetapi anda terdiam karena bermain game.
Dengan kecanggihan tekhnologi, dunia berkembang semakin cepat. Jika anda hanya duduk didepan komputer, ps, ataupun termangu dihadapan HP, anda akan tertinggal dengan informasi dan teknologi terkini. Dan ini dapat mengurangi derajat kesuksesan anda.

4. Bangkitkanlah rasa pengetahuan.
Jika anda tidak bisa melakukan point-point diatas. Nampaknya anda adalah seorang gamers sejati. Baiklah tidak bisa dipungkiri lagi, hal tersebut adalah bakat anda. Menjadi gamers sejati. Catatan penting untuk anda, jangan hanya bermain game saja tetapi harus bisa juga membuat game. Bukankah anda tahu kriteria game yang baik dan kriteria game yang buruk? Anda dapat membuat game sesempurna mungkin berdasarkan kemampuan anda. Anda dapat mengembangkan kemampuan anda dalam dunia gaming, membuat sebanyak mungkin karena ini adalah hobi anda. Tidak ada yang sulit jika anda benar-benar suka dunia gaming. Banyak sekali software gratis di Internet untuk membuat game. Dan ini termasuk bisnis yang sangat menggiurkan.

5. Janganlah lupa bahwa ada kehidupan yang lebih asyik dari pada main game setelah mati.
Inilah yang terpenting. Anda jangan sampai meninggalkan kewajiban beribadah. Hidup anda masih sangat panjang, setelah mati pun anda masih hidup berdasarkan perbuatan didunia. Jika didunia, anda selalu bermain game, tidak pernah berbuat hal kebajikan, bagaimana hidup anda terjamin setelah matI?

Semoga lima tips diatas sangat membantu. Dan ini juga penyadaran terhadap diri saya pribadi. Karena saya adalah game lovers dan ingin mengurangi rasa kecanduan saya.


15 komentar:

  1. Terima kasih. doakan saya untuk supaya sembuh dari kecanduan game ini.

    BalasHapus
  2. :g:

    Amiinn,, aku juga dulu seperti kamu,, tapi kemudian sadar kalau saya tidak dapat apapun dari game online

    BalasHapus
  3. trims sobat,
    semoga saya bisa sembuh dari wabah game online , sudah berapa uang yang saya keluarkan hanya unntuk sebuah game,
    akan saya USAHAKAN .!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiinnn, selamat memulai hidup baru kawan..
      sama-sama, selamat berjuang..

      Hapus
  4. keren bro...
    semoga aku tidak kecanduan game lagi....
    makasih bro infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas bro :)
      amiin, ane doain semoga mas bro Abduh Bayu Adriathma tidak kecanduan game lagi :) amiin

      Hapus
  5. Balasan
    1. hehe, terimakasih banyak gan, semangat menebar manfaat :D

      Hapus
  6. semoga banyak para gamer yang kecanduan seperti saya jadi sembuh dari kecanduan game yang terlalu menyiksa diri -_- aku sudah lelah dengan semua ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat mas bro Adi Wahyu..
      Masih belum terlambat.
      amiin, hari esok harus lebih baik nggeh..

      Hapus
  7. aku udah lakuiin itu semua tapi masih aja kok susah ya mas .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kekurangan tekad berarti bro musa hoho, coba tekad untuk berhenti maen gamenya dikuatkan lagi, cari kesibukan yang lain, ok??

      Hapus

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !