Rabu, Maret 30, 2011

Setiap detiknya, pemberian hak paten atas suatu barang penemuan terus dilakukan. Namun dibalik itu semua, dibalik semua penemuan yang ada, masih banyak misteri dalam sains yang belum terungkap. Beikut akan diuraikan dalam setiap disiplin mata pelajaran ;

1. Fisika
Fisika modern telah berkembang begitu pesat. Meskipun demikian, penciptaan reaktor nuklir dengan reaksi fusi (reaksi yang terjadi di matahri) masih belum dapat terealisasi. Hal ini dikarenakan reaksi fusi menghasilkan panas sekitar 100.000.000 derajat Celsius, sampai sekarang belum ditemukan bahan yang dapat tahan pada suhu sebesar itu dan dalam kondisi tekanan tinggi. Jika kelak dapat ditemukan reaktor nuklir yang menggunakan reaksi fusi, maka akan tercipta anak-anak dari matahari di permukaan bumi.

2. Biologi
Biologi terutama cabangnya, yakni ilmu genetika telah maju dengan sangat mengagumkan. Jika Mendell terbangun dari kematiannya, pastilah ia tidak akan menyangka jurnal kacang ercisnya mampu membantu pasangan mandul untuk menghasilkan anak. Namun kemajuan dari ilmu genetika dibatasi oleh hukum Negara (di amerika segala bentuk kloning manusia dilarang) maupun oleh hukum agama. Pembatasan tersebut tentu dapat menjadi penghambat untuk menjawab tantangan “merubah komposisi gen sesuka hati”. Genom manusia telah berhasil sepenuhnya dipetakan.Tantangannya adalah apakah mampu para ahli genetika membuat mesin bayi super, sehingga seorang pasangan suami istri dapat memilih sendiri sifat dan penampilan anak yang diinginkan. Apakah ingin bermata kuning dan memiliki kecerdasan seperti Albert Einstein.

3. Kimia
Setiap harinya jutaan senyawa baru berhasil dibuat di laboratorium. Dibalik ditemukannya milyaran senyawa, kimia belum mampu membuat senyawa “UNIVERSAL”. Senyawa universal adalah senyawa yang dapat mengobati segala macam penyakit dan mencegah penuaan, senyawa yang dalam novel The Alchemist dikatakan dapat merubah pasir menjadi emas. Jika senyawa UNIVERSAL telah berhasl disintesa oleh ilmuan gila, maka dunia kedokteran yang selama ini diagung-agungkan akan lenyap selamanya dari muka bumi.


4. Astronomi
Manusia menginjakkan kaki di Bulan pertama kali disaat Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Astronomi adalah ilmu manusia yang cukup tua, masyarakat nelayan yang buta huruf menguasai ilmu astronomi dengan sangat baik. Ilmuan yang paling tinggi kedudukannya dalam bidang astronomi adalah Stephen Hawking. Namun Stephen Hawking dengan semua kejeniusannya tidak akan mampu dan berani melakukan penjalan di luar angkasa. Berkaitan dengan penjelajahan antariksa, pamerintah amerika telah membuat rencana untuk melakukan invasi besar-besaran ke Planet Mars yang dikarenakan planet Bumi telah berada di ambang kematiannya. Masalah terbesar dalam bidang astronomi adalah melakukan penjelajahan antariksa seperti di film startrek, starwar, doraemon, dsb.

Jawaban atas tantangan tersebut berada di pundak generasi muda. Maju terus pendidikan Indonesia.



Fasilitas copy, ctrl + a, ctrl + c, dan klik kanan telah dimatikan (disable), 
apabila hendak menyalin dan mendapatkan postingan ini 
silahkan mendownload


Fullerena


0 Reactions:

Posting Komentar

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !