Minggu, April 15, 2012

 

Di dunia ini tidak ada yang ABADI, begitu pula kepengurusan KOPMA (Koperasi Mahasiswa) "dr. Angka" ITS. Suksesi kepengurusan diperlukan demi tetap eksisnya suatu organisasi. Berikut laporan jalannya rapat anggota tahunan (RAT) KOPMA "dr. Angka" ITS 2011-2012.

Bertempat di gedung D3 Teknik Mesin ITS, RAT dilakukan selama dua hari lamanya. Pada hari pertama tidak banyak yang bisa diceritakan, karena acaranya berupa pembacaan dan pemaparan pertanggung jawaban setiap mantan direktur.

Hari kedua, barulah pemaparan visi dan misi CADIRUT (calon direktur utama). Visi dan Misi cadirut berbeda antara satu dengan yang lainnya, tetapi esensinya adalah menjadikan KOPMA "dr. Angka" ITS lebih baik dan terdepan dalam kewirausahaan mahasiswa,

Para cadirut memaparkan visi dan misinya
Setelah presentasi visi dan misi cadirut, dilakukan sesi tanya jawab. Tanya jawab berlangsung dengan seru dan menegangkan, mengapa? karena pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh audiens berusaha untuk menguak kepribadian yang sesungguhnya dari para cadirut.

Akhirnya, sesi tanya jawab yang telah berlangsung cukup panjangpun selesai, tibalah pada acara INTI yakni proses pemilihan  direktur utama KOPMA "dr. Angka" ITS 2011-2012. Dalam pemilihan  tersebut dilakukan dua proses, yakni :

1. Musyawarah anggota, tetapi dari proses ini tidak dicapai kata kesepakatan dan mufakat sehingga dilakukan opsi kedua.
2. Pemilihan umum (voting) yakni dengan mencontreng seperti pemilihan umum presiden NKRI.




Mantan Direktur Utama  (Direktur Utama Kopma 2011-2012) melakukan penyontrengan


Sebelum pencontrengan dilakukan, ada audiens yang bertanya perihal jumlah suara apabila ada beberapa calon yang memiliki jumlah suara  hampir sama. Hal ini dipertanyakan mengingat apabila pada pemilihan presiden dilakukan kuarter kedua apabila ada beberapa capres yang memiliki jumlah suara yang hampir sama.

Ternyata hal yang dipertanyakan benar-benar terjadi,  ada dua calon direktur utama yang memiliki jumlah suara  hampir sama.

Perhitungan suara cadirut yang sangat menegangkan

Suasana pun menjadi panas, karena audiens yang merasa pertanyaannya tidak diindahkan oleh pimpinan sidang RAT menolak hasil keputusan pemilu. Sedangkan pimpinan sidang RAT mengira yang tadi dimaksud oleh penanya bukanlah demikian, tetapi yang dimaksud adalah dilakukan pemilu ulang apabila suaranya persis sama.

Kemudian hasil RAT juga ditolak oleh 2 orang audiens lain dengan alasan yang sama. Akhirnya setelah melalui pertimbangan panjang, dilakukan mediasi oleh pengurus lama kepada 3 orang yang menolak hasil pemilu.
Mediasi oleh pengurus lama. Suasana memanas karena terjadi miskomunikasi
Akhirnya setelah melalui proses yang panjang, keputusan dikembalikan kepada cadirut apakah akan dilakukan pemilihan ulang atau tidak. Ternayata cadirut sepakat untuk menerima hasil voting, dan dilakukanlah pengangkatan kepengurusan baru KOPMA "dr. Angka" ITS 2012-2013 pada pukul 23.15 WIB. (Dapat dibayangkan betapa alotnya proses pemilihan yang dilakukan dari pukul 19.00 WIB hingga 23.15 WIB).
Kepengurusan KOPMA 'dr. Angka' ITS periode 2012-2013
Semoga kepengurusan baru KOPMA "dr. Angka" ITS 2012-2013 mampu membuat KOPMA menjadi semakin jaya.

Vivat KOPMA !
Jayalah KOPMA,
Jayalah KOPMA,
Jayalah KOPMA "dr. Angka" ITS.

0 Reactions:

Posting Komentar

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !