Rabu, Desember 12, 2012

Kehidupan sosial yang kaya, kehidupan yang lebih bahagia
Setiap manusia ternyata tidak hanya lapar terhadap makanan, tetapi juga lapar terhadap tiga hal berikut.
Jika Anda berhasil memenuhi tiga kelaparan dasar ini, maka  secara otomatis banyak orang yang akan bersikap hangat dan sangat bersahabat kepada Anda. Saya telah membuktikannya, betapa rumus 3-P ini sangat efektif. Ketiga kelaparan dasar tersebut berkaitan dengan interaksi kita dengan orang lain, yakni Penerimaan, Persetujuan, dan Penghargaan. Baik mari kita bahas satu persatu.
1. Penerimaan
Penerimaan adalah vitamin. Kita semua lapar untuk diterima apa adanya. Kita menginginkan seseorang yang bisa diajak santai. Seseorang yang bisa menemani kita sementara kita tidur hingga mengeluarkan air liur. Hanya sedikit diantara kita yang cukup berani untuk menjadi diri sendiri sepenuhnya ketika berurusan dengan dunia pada umumnya. Tetapi kita ingin mempunyai seseorang yang bisa melihat diri kita seperti apa adanya, sebab kita tahu bahwa kita akan diterimanya.
Tipe orang yang suka mengkritik dan suka mencari kesalahan, yang selalu melihat apa yang luput dari pandangan orang lain dan biasanya juga menyarankan obat, tidak akan diserbu oleh orang-orang yang berebut untuk menjadi sahabat karibnya. Bahkan ukuran kesehatan jiwa adalah kemampuan untuk menemukan kebaikan di mana-mana (Ralph Waldo Emerson). Jadi jika ada orang yang selalu mencari kesalahan pada diri Anda, maklumilah dia, dan bantulah dia keluar dari ketergangguan jiwanya dengan menerima dirinya apa-adanya.
Janganlah Anda menetapkan standar pribadi yang kaku tentang bagaimana Anda berfikir orang lain harus  berbuat. Beri orang lain hak untuk menjadi dirinya sendiri. Kalau di agak aneh, ya biarkan saja. Jangan memaksa agar dia melakukan segala hal yang Anda lakukan dan menyukai segal hal yang Anda sukai. Biarkan dia santai ketika berada di dekat Anda.
Yang cukup aneh, orang yang menerima orang lain dan menyukai mereka seperti apa adanya,punya pengaruh yang paling besar dalam mengubh perilaku orang lain menuju yang lebih baik.
Banyak pria yang sudah menikah yang telah berubah dari pemuda liar dan urakan menjadi warga negara yang terhormat akan mengatakan kepada Anda (kalau saja Anda bis membuatnya bercerita tentang hal itu) bahwa satu hal yng memungkinkan dia bis berubah adalh "Keyakinan yang dimiliki istri saya kepada diri saya," atau "Istri saya percaya pada kepada saya. Dia tidak pernah mengkritik atau cerewet, tetapi hanya punya kepercayaan pada diri saya. Maka saya bagaimanapun harus berubah".Ituah kekuatan penerimaan, namun sebelum Anda menerima orang lain, lebih baik Anda menerima diri Anda terlebih dahulu,sudahkah Anda merasa nyaman terhadap diri Anda sendiri? dan sudahkah Anda bersyukur atas nikmat yang telah dilimpahkan kepada diri Anda?
2.  Persetujuan
"P" ajaib kedua yang didambakan oleh setiap orang adalah persetujuan. Persetujuan agak sedikit lebih tinggi kedudukannya di bandingkan penerimaan. Penerimaan sebagian besar mengandung arti negatif dalam perbandingan. Kita menerima orang lain dengan kesalahan dan kekurangannya walaupun masih memberinya rasa persahabatan kita. Tetapi persetujuan mengandung arti sesuatu yang lebih positif. 
Anda bisa selalu menemukan sesuatu untuk disetujui pada diri orang lain. Apabila orang lain setuju dengan gagasan dan tindakan kita, maka kita berjemur dalam sinar matahari persetujuan mereka, dan itu terasa begitu menyenangkan sehingga kita mulai berusaha mengembangkan perilaku dan watak lainnya untuk menarik persetujuan dan memberi kita rasa senang lebih banyak.
Kita semua lapar akan persetujuan. Dan tidak harus hal-hal besar yang bisa memuaskan dahaga kita. Pujilah seorang jenius matematika tentang prestasinya meraih emas dalam olimpiade Internasional matemtika, dan hal itu hanya memberikan sedikit pengaruh bagi dirinya. Dia cenderung berfikir bahwa Anda hanya menyanjungnya, sebab keberhasilannya sebagai jenius matematika telah jelas. Tetapi kalau Anda membiarkan da mengetahui bahwa Anda menyetujui caranya dalam memotong rambut seseorang, dia akan merasa senang sekali.
Satu ketentuan yang baik untuk diingat dalam memuji orang lain adalah ini: ORANG AKAN LEBIH SENANG MENERIMA PUJIAN KALAU ANDA MEMUJINYA UNTUK SUATU KEUNGGULAN YANG TIDAK KELIHATAN MENCOLOK SEKALI.
3. Penghargaan
Kata lain untuk penghargaan adalah apresiasi, yang sesungguhnya berarti peningkatan nilai, dengan lawan kata depresiasi yang berarti penurunan nilai. Kita selalu mencari orang yang akan menaikkan nilai kita, bukannya menurunkan nilai kita.
Bagaimana cara termudah menghargai orang lain?Ucapkanlah terimakasih atas pertolongan orang lain, sekecil apapun itu, misalnya ada seseorang  memungut bolpoin kita yang jatuh
Biarkan orang lain tahu bahwa Anda menghargai mereka. Perlakukan orang lain seakan-akan mereka sangat berharga bagi Anda. Berilah mereka perlakuan "istimewa", yakni perlakuan secara individu yang unik.
Apabila ketiga bentuk kelaparan dasar pada manusia ini telah Anda penuhi, maka hubungan sosial anda dengan orang lain akan menjadi semakin indah, berkesan, dan kaya akan kebahagiaan.
Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Teknik Fisika ITS, santri SDM IPTEK, mentor, sedang menggeluti NanoTeknologi dan dunia pengembangan diri.Memiliki misi besar untuk menjadi insan yang memberikan knntribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih). Bagi yang ingin melakukan konsultasi mengenai pengembangan diri menuju legenda pribadi, dapat menghubungi via email Siddiq.tf@gmail.com atau no.hp 087750118140.

0 Reactions:

Posting Komentar

Blog adalah suatu representasi dari individu penulisnya, baik pikiran, pengalaman, perasaan dan sebagainya (Manungkarjono, 2007). Blog juga merupakan suatu hasil karya cipta yang dilindungi UU 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Yuk Taaruf









Nur Abdillah Siddiq
Mahasiswa Jurusan Fisika ITS, sedang menggeluti Fiber Optik dan dunia pengembangan diri. Berusaha mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada agama Islam, Negara Indonesia, dan Orang Tua Tercinta (H. Fajar Rahman dan Hj. Sri Tumiasih).

Blog ini adalah website pribadi Nur Abdillah Siddiq. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Yuk Baca !

Yuk Baca !